oleh

Begini Cara Penyaluran BTS Dinsos Kota Medan Melalui PT. Pos Indonesia, Simak Yuk!

SUARAGARUDANEWS.COM | MEDAN – PT. Pos Indonesia Cab. Kota Medan turut andil dalam melakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 di Kota Medan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Pos Cab. Kota Medan Elan Pramudiansyah dalam webinar yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Sumatera Utara (DPD GMNI Sumut), Kamis, (5/11) dengan turut mengundang Kabid PFM Dinas Sosial Kota Medan Ridha Valenta Yetta dan Ketua DPD GMNI Sumut Paulu P Gulo sebagai pembicara.

Dijelaskan Elan Pramudiansyah, bahwasannya alokasi BST Kota Medan tahap I s.d III sebesar Rp. 600.000,- dan tahap IV s.d tahap VII sebesar Rp. 300.000,- per KPM.

Sedikitnya ada dua ketentuan dalam pembayaran BST ini, yakni satu melalui loket di Kantor Pos dan pembayaran melalui tunai di Komunitas.

Pembayaran BST di outlet kantor pos dapat dilakukakan pada kantor pos pemeriksa (kota/kabupaten) diseluruh nusantara, kantor pos cabang (kecamatan), layanan pos bergerak/ e-mobile dan PKK.

Begitu juga dengan BST tundai yang dilaksanakan secara komunitas dilaksanakan berdasarkan wilayah/kecamatan, kelurahan, desa/kampung dan RT/RW, kata Elan.

“Tentuanya dalam pelaksanaannya kita tetap memperhatikan protokol kesehatan, penjadwalan hari dan waktu pembayaran, mapping kantor pembayaran berdasarkan alamat penerima bantuan, dukungan keamanan dari aparat berwenang maupun perangkat pmerintah setempat,” papar Elan.

Disebutkan Elan, flow pembayaran BST di Kantor Pos atau Komunintas memiliki alur seperti:
1. Penerima membawa KTP, Kartu Indonesia Sejahtera dan Fotocopynya.
2. Datangi kantor pos/tempat pembayaran lainnya sesuai jadwal dan waktu pembayaran, lalu ambil nomor antrian dan menyerahkan e-KTP kepada petugas pos.
3. Petuga verifikator data memeriksa kelengkapan dokumen setiap penerima bantuan.
4. Verifikasi data dan dokumen mencocokan inquiry system dengan data fisik e-KTP dan penerima bantuan.
5. Pengambilan foto diri + KTP penerima bantuan.
6. Proses pembayaran di aplikasi loket.
7. Uang diserahkan kepada penerima, penerima bantuan menandatangani bukti penerimaan, melampirkan fotocopy e-KTP, dan tutup loket dan cetak bachsheet.
8. BST dapat digunakan penerima bantuan.

Contoh Surat Pemberitahuan BSTBST KPM 2020.

Ilustrasi

 

Proses Pengambilan Foto pada Aplikasi Petugas Pos.

Ilustrasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed