oleh

GEMANI Bersama LKMDI, Anggota DPRD SUMUT, dan Kades Hiliaurifa, Bergontong-royong Meningkatkan Ekonomi Desa

GEMANI Bersama LKMDI, Anggota DPRD SUMUT, dan Kades Hiliaurifa, Bergontong-royong Meningkatkan Ekonomi Desa

SUARAGARUDANEWS.COM | MEDAN Organisasi Gerakan Muda Nias Indonesia (GEMANI) mengadakan diskusi daring dengan tema “Pembangunan Ekonomi Desa di Masa Pandemi COVID-19”, yang diadakan pada hari Rabu, 03/06/2020 melalui aplikasi Zoom meating.

Hadir sebagai pembicara yakni Anggota DPRD Sumut Thomas Dachi, S.H., Direktur Eksekutif LKMDI Faisal Hadi Pinem, S.H., Pengamat Ekonomi Budiarman Lahagu, S.E., dan Kepala Desa Hiliaurifa Berusaha Halawa.

Dalam diskusi daring Thomas Dachi, SH., menyampaikan perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk perbaikan ekonomi desa di tengah pandemi COVID-19.

“Harus ada perhatian khusus pemerintah daerah untuk perbaikan ekonomi desa di tengah pandemi COVID-19”. Kata Thomas Dachi saat dihubungi media, Kamis,(04/06/2020).

Masih Thomas Dachi, kita juga sudah berbicara dengan Kepala Dinas Pertanian Sumut, untuk segera memberikan perhatian serius kepada desa di Kepulauan Nias, dan juga kami di DPRD SUMUT telah melakukan pembahasan terkait situasi “New Normal” yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya Kepulauan Nias untuk tetap mengikuti protokoler kesehatan disituasi “New Normal” ini dalam kegiatan usaha ataupun aktivitas lainnya.

Dikesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LKMDI, Faisal panggilan akrabnya, menyampaikan bahwa dalam perbaikan ekonomi desa ada empat strategi yang dapat diterapkan di desa, yaitu, Fokus Ketahanan Pangan, Revitalisasi BUMDes, Teknologi Digital, dan Pemanfaatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tepat sasaran.

“LKMDI mempunyai empat strategi perbaikan ekonomi desa, pertama Fokus ketahanan pangan yang menjadi kebutuhan dasar, revitalisasi BUMDes sebagai pondasi utama perekonomian desa, Teknologi Digital diberdayakan dengan maksimal, pemanfaatan PKTD tepat sasaran”.

Masih Faisal, desa merupakan salah satu tulang punggung Indonesia, maka harus ada solusi konkret yang efektif dan efisien untuk diterpakan oleh pemerintah desa dan masyarakat, LKMDI juga sangat terbuka dalam kajian-kajian tentang kemajuan desa di seluruh Indonesia.

Senada dengan itu, Kades Berusaha Halawa Desa Hiliaurifa, Kecamatan Maniamolo, Kab. Nias Selatan, menyampaikan, sedang menjalankan program PKTD, meningkatkan SDM desa, dan juga fokus kepada program pembangun desa yang masih banyak tersendat akibat COVID-19.

“kami sedang menjalankan program PKTD di tengah pandemi COVID-19 ini, kami juga fokus meningkatkan SDM desa, dan juga fokus kepada program pembangunan desa lainnya, sehingga percepatan perbaikan ekonomi di desa kami dapat segera pulih kembali”, Ucap Berusaha Halawa.

Masih Kades Hiliaurefa, kita juga ikut menjalankan protokoler kesehatan dan menyesuaikan program Kemendes PDTT, dalam penanggulangan penanganan COVID-19 di desa kami, imbuhnya.

Di acara yang sama, Pemerihati Ekonomi, Budiarman Lahagu, menyampaikan, bahwa perekonomian Indonesia saat ini sangat memprihatinkan akibat COVID-19, sehingga perlu adanya perhatian serius dari pemerintah daerah, legislatif dan masyarakat pelaku usaha untuk saling bekerjasama memulihkan perekonomian, khususnya desa di seluruh Indonesia yang langsung terkena imbasnya.

“Perekonomian Indonesia saat ini sangat memprihatinkan akibat COVID-19, sehingga perlu adanya perhatian serius dari pemerintah daerah, legislatif, dan masyarakat pelaku usaha untuk bekerjasama memulihkan perekonomian kita, khususnya desa di seluruh Indonesia yang langsung terkena imbasnya”, Ucap Budiarman Lahagu, saat dihubungi media via whatsapp.

Dikesempatan diskusi daring, Ketua Umum GEMANI, Kriatianus Daci, berharap pandemi COVID-19 ini segera berakhir, agar aktivitas masyarakat kembali normal dan perekonomian Indonesia segera pulih kembali.

“kita berharap pandemi COVID-19 ini segera berakhir, agar aktivitas masyarakat kembali normal dan perekonomian Indonesia segera pulih”, Ucap Kristianus Daci.

Masih Kristianus Daci, kita juga siap menjadi mitra srategis dalam menjalankan program percepatan perbaikan ekonomi, bersama dengan unsur pemerintah desa diseluruh Kepulauan Nias, sebagai wujud keseriusan GEMANI membangun Kepulauan Nias dari desa, Tegas Kristianus Daci. (efhape)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed