oleh

Gubernur Sumut : SMK SPAN Medan Lahirkan Wisudawan Potensial terhadap Daya Saing Bangsa.

SUARAGARUDANEWS.COM | Medan – SMK Sekolah Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Medan yang terletak di Jalan Turi Ujung no 94 Medan melakukan prosesi wisuda angkatan ke X di Hotel Madani lantai 2. Kamis (19/04/18).

Sedikitnya, 18 orang dari jurusan pemeliharaan dan perbaikan instrument elektronika pesawat udara di wisuda dengan rincian 15 orang wisudawan dan 3 orang wisudawati.

Dengan mengusung tema “Mengukir Kenangan, Menggapai Harapan dan Mempererat Silaturahmi” prosesi acara wisuda ini dibuka dengan atraksi pedang pora dan terselenggara dengan hikmat.

Wisuda ini dilaksanakan bertujuan untuk menjaga dan menjalin silaturahmi antara SMK SPAN Medan dengan seluruh pihak dan juga meneruskan tradisi yang dilangsungkan turun temurun serta sebagai bentuk persembahan dan ucapan selamat kepada wisudawan atas hasil pencapaiannya dibidang akademik.

Turut hadir dalam acara, Gubernur Sumut H. Dr. Tengku Erry Nuradi, M.S.i yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Prov. Sumut  Drs. M. Zein Siregar. M.S.i, Ketua Yayasan YPPN Sumbar Drg. Refni Dayana, Kepala Dinas Pendidikan Provsu, Walikota Medan, Danlanud Suwondo, Danyon Komando 469 Paskhas, Kepala Sekolah SMK SPAN Medan, Guru dan staf SMK SPAN Medan, serta orang tua sekaligus wisudawan/i.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Drg Refnidayana mengatakan, bahwa SMK SPAN Medan merupakan salah satu dari 5 sekolah penerbangan yang berdiri di Sumut.

SMK SPAN Medan sudah berdiri sejak tahun 2006, dan telah berhasil mencetak alumninya hingga menjadi pilot bahkan tenaga ahli di maskapai penerbangan ternama di tanah air.

Tak hanya itu, sambung Drg. Refnidayana, bahwa SMK SPAN Medan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikannya, telah melakukan kerjasama di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

Bahkan sekolah kejuruan yang dikenal dengan semi militernya ini bertenagakan pengajar dari pangkalan Udara Suwondo dan melibatkan Batlyon Komando 469 Paskhas sebagai pembina para Taruna/i, paparnya.

Diakhir sambutannya, Drg. Refnidayana berharap, agar para wisudawan sekiranya dapat mengikuti jejak para alumninya yang telah sukses di dunia penerbangan, agar hal demikian bisa menjadi motivasi dan bekal semangat untuk masa depannya nanti.

Kemudian, dalam sambutannya Gubernur Sumut yang dibacakan oleh Kadishub Prov. Sumut Drs. M. Zein Siregar M.S.i mengucapkan selamat atas keberhasilan yang telah diraih oleh para wisudawan/i yang nantinya kelak sebagai pembuka jalan untuk mencapai cita-citanya.

Karena hari ini, lanjut Kadishub, telah dilahirkannya sumber daya potensial didaerah Sumatera Utara yang tanpa perlu disadari lagi bahwa saat ini masyarakat dan dunia semakin menuntut kualitas untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional.

Yang paling penting, sambung Kadishub membacakan pesan Gubsu. Bahwa substansi yang paling penting dari pendidikan adalah adanya perhatian secara seimbang terhadap pengembangan sumber daya manusia.

“Disnilah urgentsi kehadiran SMK SPAN Medan yang diharapkan tampil sebagai pelopor dalam pengembangan dimensi-dimensi ketuhanan, akhlak, akal, jasmani, kemasyarakatan, kejiwaan, keindahan dan keterampilan,” pesan Gubsu.

Sumbangan SMK SPAN Medan untuk mengahadirkan kualitas tersebut, tentu sangat dinanti. Karena adanya perhatian aspek-aspek kemanusiaan secara utuh serta kualitas pendidikan  yang mampu mencetak wisudawan yang memberikan dampak siginifikan terhadap SDM dan daya saing bangsa dalam percaturan global.

“Oleh karena itu, untuk masa depan bangsa. Saya (Gubsu-red) mengajak seluruh jajaran SMK SPAN Medan untuk mewujudkan komitmen yang kuat dalam memberikan pendidikan yang terbaik pada masyarakat,” sebutnya dalam pesan Gubsu.

Kadishub Sumut menambahkan, bahwa pembangunan di Sumut sangat pesat disegala bidang. Khususnya dibidang perhubungan, seperti bandara dan jalan tol, yang mana pembangunan ini akan menyentuh plosok plosok di tingkat Sumut 2.

“Bersemangatlah, bahwa potensi kalian saat ini dapat dikembangkan dimasa yang akan datang, mengingat proses pembangunan dibidang perhubungan begitu besar dilakukan di provinsi,” sebut Zein kepada wisudawan/i di mimbar.

Terkait hal itu, masih Zein. Kesempatan kerja di sektor penerbangan semakin dibutuhkan baik kualitas maupun kuantitas. Maka dengan pengalaman di SMK SPAN Medan dalam menghasilkan SDM melalui pendidikan dan pelatihan siswa/i SMK SPAN Medan dapat melahirkan lulusan terbaik yang siap kerja secara profesional dengan menjaga kualitas mutu pendidikan, tutup Zein. (ndra)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed