oleh

Hujan Lebat Guyur Lumajang, Situs Biting Alami Longsor

SUARAGARUDANEWS.COM | Lumajang – Situs Biting yang berada di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kec. Sukodono, Kabupaten Lumajang merupakan bekas benteng atau pusat pemerintahan yang dimiliki Kerajaan Lamajang Tigang Juru yang dipimpin oleh Arya Wiraraja. Luas kawasan situs sekitar 135 hektare.

Kini Kondisi Situs Biting sangat memprihatinkan. Sisa-sisa kejayaan Lamajang Tigang Juru terjadi longsor yang mengakibatkan situs pangungaan rusak parah.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto Senin, (26/2/2017) mendatangi lokasi peninggalan bersejarah untuk melihat kondisi Situs Biting yang terkena longsor.

Hadir juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Deni Rohman dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Hadi Prayitno.

Buntaran menyampaikan, untuk menangani hal ini, Ia akan akan berkoordinasi dengan pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerjo.

Menurutnya, karena ini cagar budaya dan merupakan bangunan yang memiliki sejarah besar, Pemerintah Kabupaten Lumajang kedepan berencana menganggarkan dana untuk pelestarian situs ini. Karena sementara Situs Biting tidak masuk program prioritas. Rencananya anggaran bisa mencapai Rp 1 miliar per tahun.

“Situs Biting menyimpan sejarah besar bagi Lumajang, Pemerintah Kabupaten Lumajang kedepan berencana menganggarkan dana untuk pelestarian situs ini. Karena sementara ini Situs Biting tidak masuk program prioritas” pungkasnya. (ndra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed