oleh

Kabut Asap Karhutla Selimuti Kota Medan, Tokoh Masyarakat Medan Jensen liu berikan respon.

SUARAGARUDANEWS – Medan, Dampak Kabut asap yang menimpa Kota Medan akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menimpa beberapa provinsi di Indonesia mendapatkan perhatian dari Tokoh masyarakat Sumut Jensen Liu.

Jensen liu yang juga aktif di berbagai organisasi dan berjiwa sosial ini mengatakan, dampak asap karhutla sangatlah membahayakan masyarakat terutama masyarakat Kota Medan yang turut merasakan imbasnya.

“Dampaknya buruk sekali untuk kesehatan dan kegiatan masyarakat, saya harapkan pemerintah pusat saat ini terus gencar memadamkan titik sumber kebakaran Karhutla. Tidak hanya pemerintah pusat tetapi juga pemerintah daerah harus gencar menangani permasalahan ini agar tidak menimbulkan permasalahan baru,” katanya.

“Kota Medan menjadi salah satu daerah yg menerima dampak dari asap karhutla, tentunya sangat merugikan masyarakat Kota Medan karena ini menganggu aktivitas dan kesehatan kita semua,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan diharapkan bersikap aktif dalam menangani permasalahan ini dengan membentuk posko kesehatan dan membagikan masker kepada masyarakat.

Selain itu, adanya kejadian ini, Ia menginginkan pemerintah daerah harus lebih tegas dalam soal lingkungan. Sebab, tanpa lingkungan bersih dan udara yang sehat, masyarakat akan kesulitan melakukan aktivitas.

“Coba saja kita bekerja sambil menghirup udara yang kotor, bisa tidak? Nah, artinya lingkungan berdampak besar terhadap kehidupan manusia. Kesehatan menjadi faktor yang tidak bisa ditawar. Dan mendapatkan udara yang bersih adalah hak setiap warga untuk tetap menjaga kesehatan dan beraktivitas normal,” katanya.

Pemerintah harus segera menindak dan melakukan pengusutan tuntas siapa dalang dibalik kebakaran hutan dan lahan ini sampai ke akarnya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Medan yang ingin keluar rumah harus menggunakan masker. Sebab, kondisi udara sedang tidak menentu dan tidak baik,” ujar Jensen.

“Harus ada efek jera terhadap oknum tertentu agar pembakaran hutan ini tidak terulang kembali.  Juga kepada Pemko Medan, harapannya sesegera mungkin merespon dan melakukan tindak lanjut dari kabut asap yang sudah menyelimuti Kota Medan,” tuturnya. (Tf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed