oleh

RED’s Bagikan Pengalaman Jasa Coating Mobil Di Medan

SUARAGARUDANEWS – Medan, Perkembangan di dunia otomotis memang tiada henti, contohnya di 2-3tahun terakhir bisnis jasa coating mobil menjamur di berbagai area di kota Medan. 

Jasa proteksi cat mobil ini juga di bandrol dengan harga yang bervariasi mulai satu jutaan hingga belasan juta rupiah. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan coating ini?

“Coating adalah sejenis air kaca yg membuat cat mobil lebih keras dan lebih tahan terhadap terjadinya goresan halus dan bercak noda air (biasa disebut jamur). Namun bukan berarti anti gores / anti jamur. Jika dibanding dua mobil dengan kondisi dan pemakaian yang sama namun tidak dicoating akan kelihatan bedanya. Yang pasti mobil yang dicoating akan tetap terlihat bening meski uda mulai gores dan jamuran, yang mana mobil yang tidak dicoating biasanya terlihat buram dan kusam.” terang Shendwen, salah satu pakar di bidang detailing dan coating mobil di Medan yang berpengalaman lebih dari 15tahun. 

Pemilik The RED’s Shendwen Mulianto dan Team the RED’s (renew every detail)

Berdasarkan informasi yang kami terima dari pembicaraan dengan pria yang kerap disapa Awen ini, ternyata coating juga banyak jenis yang membedakannya. Dan sederhana nya dibedakan dari daya tahan obat coating itu sendiri, yaitu pada umumnya terbagi menjadi 3 kategori:

  1. Berdaya tahan 3-6bulan. Biasanya disebut semi coating, polymer coating, elastic coating dan nama lain sejenis. 
  2. Berdaya tahan 1-2tahun. Biasanya disebut Glass Coating. Level kekerasannya berkisar 3H-7H. Namun biasanya mengingat kondisi cuaca di Indonesia cukup ekstrim, kandungan asam pada curah hujan cukup tinggi, air pam juga mineral nya tinggi. Semuanya merugikan cat mobil, maka kebanyakan dianggap tahan 1tahun saja. 
  3. Berdaya tahan 3-5tahun. Biasanya disebut Ceramic Coating. Level kekerasannya di 9H. Di Indonesia biasanya dianggap tahan 2tahun.

Itulah pada umumnya kategori jenis coating yang beredar di pasaran, namun seiring meningkatnya permintaan pasar, beberapa produsen coating mulai memproduksi coating yang di label 9H+, 10H, 15H dan seterusnya. Sebenarnya itu semua hanyalah nama yang diberikan oleh merk tertentu.

Sebab pertama diciptakan 9H lebih fokus pada kekerasan dan ketebalan produk, namun gloss nya kurang. Biasanya butuh ditimpa dengan produk 7H atau lainnya agar lebih kilap. Nah, yang dimaksud dengan produk 9H+ keatas adalah sebenarnya produk 9H yang telah di upgrade sehingga memiliki gloss sendiri yang bagus tanpa harus ditimpa produk lain lagi. Dan proteksi maksimum yang dapat melindungi cat mobil hanyalah 9H, jika lebih dari skala itu bahan coating sudah kehilangan elastisitasnya dan malah akan retak saat diaplikasikan ke cat mobil. 

Untuk ukuran H sendiri pada coating adalah skala ukuran karbon pada pensil, dimana jika 7H artinya tahan terhadap goresan yang dibuat oleh pensil bernomor 7H, coating 9H artinya tahan terhadap goresan yang dibuat oleh pensil bernomor 9H. Jadi berbeda dengan ukuran skala Mohs pada batu mineral.

“Setiap jenis coating tersebut adalah termasuk Nano Ceramic Coating. Sebab teknologi Nano Ceramic yang pertama menciptakan coating. Namun masyarakat awam sering salah kaprah mengira Nano Ceramic Coating adalah sama dengan Ceramic Coating (9H), padahal kadang bisa saja produk Nano Ceramic yang ditawarkan oleh workshop tertentu ternyata masih di kategori Semi Coating atau Glass Coating (3H-7H).”jelas Awen yang mengaku sering mendapat masukan dari pelanggan yang pernah coating di workshop lain, namun ternyata produk yang diberikan bukan seperti yang dibayangkan. “Jadi masyarakat kita di Medan terutama, masih sangat minim pengetahuannya tentang coating. Dan sering kali menjadi korban marketing dari workshop nakal yang menjual tanpa menjelaskan secara rinci apa yang mereka dapatkan dari harga yang mereka bayar.” Ini yang menyebabkan harga jasa yang ditawarkan menjadi bervariasi murah hingga mahal. 

Disamping itu ternyata proses persiapan menuju tahapan coating juga sangat berpengaruh, istilah Paint Correction yaitu poles cat, sangat mempengaruhi hasil akhir dari coating.

Awen menjelaskan bahwa banyak jasa poles yang hanya memoles cat sekali saja tanpa lampu kerja bahkan, itu dipastikan hasilnya tidak akan sempurna. Malah jika di mobil warna hitam terutama mobil ber merk Jepang umumnya bakal muncul hologram jika tidak melalui proses poles yang benar. Hologram adalah goresan sangat halus yg beraturan membentuk seperti bercak minyak pada cat kenderaan.

Dan ternyata untuk menghasilkan cat yang kilau sempurna sebelum dicoating dibutuhkan minimal 3-4 tahapan, dan dikerjakan dengan bantuan lampu kerja yang bersifat lampu sorot atau fokus. “Jenis lampu kerja sangat mempengaruhi proses poles. Jika lampu yang dipakai hanya sekedar lampu neon untuk penerangan ruang, pasti tidak akan maksimal sebab tidak semua goresan akan kelihatan. Itu sebabnya kami menggunakan lampu kerja LED yang berjenis lampu sorot dan titik fokusnya tidak terlalu lebar. Apa yang kami lihat belum tentu dapat dilihat oleh workshop lain yang tidak menggunakan lampu kerja yang sama. Jika anda tidak melihat goresan yang seharusnya anda hilangkan, bagaimana mungkin anda dapat menghilangkan goresan tersebut?” terang Awen saat dijumpa media di workshop nya, RED’s yang beralamat di jl. Danau Singkarak- Medan.

Awen juga menjelaskan bahwa di workshop mereka biasanya untuk proses Paint Correction saja butuh seharian kerja dengan 3-4orang SDM. Sangat mustahil dihasilkan cat mobil yang bebas goresan jika hanya diselesaikan dalam hitungan jam. 

“Edukasi, ini yang selalu saya usahakan setiap calon pelanggan bertanya. Sebab umumnya pelanggan pasti membandingkan harga, disana harga demikian mengapa disini lebih mahal? Namun saat ditanya kembali biasanya pelanggan tersebut tidak tahu dengan pasti produk apa yang dia dapatkan dari workshop yang menawarkan harga miring. Selain itu, sesuai namanya jasa coating pasti memiliki harga relatif, sama seperti menempah perabot, dari harga murah hingga mahal juga ada. Namun jika kualitas dan bahan yang diharapkan, tidak mungkin bisa ditemukan dengan harga murah, demikian juga dengan jasa coating” tambahnya.

“Jangan mudah dibohongi dengan janji surga oleh seller nakal yang menjanjikan coating itu anti gores dengan demo getok pantat mancis, logikanya jika memang anti gores kenapa harus demo dengan pantat mancis berbahan plastik? Kenapa tidak dengan kepala mancis yang besi atau pakai obeng? Toh dijalan mobil kita bukan beresiko diserempet plastik. Ataupun iming iming anti bakar dengan demo bakar dengan spiritus yang nyala api bakal padam dalam hitungan detik. Jika memang anti bakar gunakan bensin saja. Lagian api itu yg panas bukan di pangkalnya melainkan di lidah api nya, dan juga tujuan coating kan bukan agar mobil kita anti terbakar. Jadi yang wajar-wajar saja lah.” ujar Awen terkekeh.

“Terakhir iming iming anti jamur (anti waterspot), untuk yang ini area tempat tinggal sangat berpengaruh, jika anda tinggal di wilayah perkotaan yang penuh polusi udara mustahil coating sanggup menahan terjadinya noda air. Ini sudah saya buktikan sendiri saat diundang coating mobil ke Malaysia, disana saya membersihkan kerak air membandel pada logo mobil cukup dengan alkohol 95%, yang mana untuk di tanah air umumnya butuh acid kimia yang disebut HF (Hidrogen Fluorida) atau Asam Fluorida, itupun kondisi terlalu parah tidak bisa bersih total. Ini membuktikan kualitas air di negeri tetangga saja cukup signifikan bedanya.”

Sesuai permintaan pasar yang terus bertambah, produsen coating juga mulai bermunculan, mulai dari yang benar-benar buatan luar negeri (Import) hingga yang dibubuhi label sendiri namun bertuliskan buatan luar negeri. “Simpel saja, tanyakan saja ke workshop dimana anda tertarik, mereka pakai produk merk apa. Coba saja cari di Google, Youtube atau Instagram, jika memang bener produk import pasti kelihatan jelas asal usulnya. Tapi jika tidak muncul di media internet, atau munculnya hanya web berbahasa Indonesia ya berarti itu produk lokal alias rebrand.” menurut Awen setiap pelanggan berhak untuk mencari tahu informasi yang sejelas mungkin sebelum memutuskan untuk transaksi, sama seperti masyarakat saat hendak membeli handphone juga pasti mencari dahulu spesifikasi seperti apa yang ditawarkan oleh merk dan type tersebut.

Dengan demikian masyarakat akan tahu dengan jelas, dengan membayar nilai harga sekian apa yang mereka dapatkan. Jadi tidak ada lagi pembodohan masyarakat. Mengenai jumlah layer (lapisan) coating juga Awen menghimbau masyarakat agar jangan mudah terkecoh, sebab untuk jenis coating yang bisa di-multi layer biasanya yang berjenis 9H, dan umumnya hanya bisa dicapai maksimal 3-4 layer, lebih dari itu akan menimbulkan keretakan sebab sudah terlalu tebal dan kaku sehingga elastisitas hilang. Serta suhu udara iklim tropis juga mempengaruhi waktu aplikasi tiap layer tambahan, yang mana suhu tinggi akan mempersingkat waktu aplikasi sebelum menemui kegagalan.

“Kadang calon pelanggan juga membandingkan mengapa disini 3 layer harga lebih mahal daripada disana? Saya selalu menjelaskan kepada mereka bahwa yang mereka perlu tahu adalah, pertama merk apa yang digunakan sebab harga bahan pasti mempengaruhi harga jual jasa. Dan yang kedua terkadang merk coating tertentu untuk mencapai 9H diperlukan beberapa layer, contoh ada satu merk coating yang pernah saya pakai untuk mencapai 9H butuh 3 layer dari 2 obat berbeda tapi satu set. Tentu saja ini berbeda ketebalannya dengan produk yang bisa mencapai 9H dengan sekali aplikasi. Yang mana pengertiannya jika aplikasi 3 layer, berarti di produk tadi sudah aplikasi 9 layer.” jelasnya mengungkap respon calon pelanggan yang sering membandingkan harga dan jumlah layer tanpa mengetahui dengan jelas apakah telah dibanding apel dengan apel. 

“Visi misi saya ingin memajukan detailing dan coating di tanah air. Mengedukasi masyarakat agar pengetahuan tentang perawatan mobil akan menjadi kebutuhan umum. Sebab selama ini masyarakat masih mengganggap merawat mobil itu tidak penting, tapi saya ingin sekali mengingatkan masyarakat bahwa mobil yang terawat pasti mendongkrak harga jual, setidaknya calon pembeli akan lebih berminat untuk mempelajari mobil anda dibanding anda tawarkan mobil yang nampak kusam dan tidak terawat. Jika butuh informasi tambahan atau sekedar berkonsultasi jangan sungkan untuk mengakses website kami di www.redsmedan.weebly.com” tutup pria yang pernah diundang untuk coating mobil ke Perak, Malaysia ini. (ty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed