oleh

Tiga Dosen Univ. Dharmawangsa Kenalkan Budidaya Pakan Alami dengan Teknologi Ramah Lingkungan di Desa Lubuk Saban Sergai

SUARAGARUDANEWS.COM | MEDANDosen Universitas Dharmawangsa yang terdiri dari Dwi Tika Afriani, S. Si., M. Pd.; Dr. Emmy Syafitri, M. Si. dan Mekar Meilisa Amalia, S. E., Ak., M. Si. telah melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan mengangkat tema “Peluang Usaha Budidaya Pakan Alami Tubifex sp dengan pemanfaatan limbah peternakan teknologi ramah lingkungan sebagai solusi pengolahan limbah dan usaha peningkatan perekonomian di Desa Lubuk Saban, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Adapun kegiatan PKM ini berupa penyuluhan dan praktik langsung yang ditujukan kepada masyarakat setempat para pelaku usaha budidaya ikan air tawar dan non pelaku usaha budidaya yang berjumlah 20 orang.

Dengan dilakukannya kegiatan PKM ini diharapkan masyarakat setempat akan terbantu dalam menyediakan pakan alami yang dapat menekan biaya produksi serta membuka peluang usaha sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Pemateri pertama disampaikan oleh Dr. Emmy Syafitri, M. Si., dengan memberikan pemaparan tentang pengenalan tubifex sp (cacing sutra), yang berisi anatomi tubuh cacing sutra, sifat cacing sutra dan alasan kenapa cacing sutra perlu dibudidayakan.

Pemateri kedua disampaikan oleh Mekar Meilisa Amalia, S. E., Ak., M. Si., dengan memberikan pemaparan tentang analisis hasil usaha dari budidaya cacing sutra dengan menggunakan metode rak bertingkat.

Dari pemaparan tentang analisis hasil usaha tersebut, para peserta diajarkan bagaimana menghitung investasi awal, biaya produksi, harga jual per liter, keuntungan yang akan diperoleh serta penjualan minimum agar tidak mengalami kerugian.

Pemateri ketiga disampaikan oleh Dwi Tika Afriani, S. Si., M. Pd., dengan memberikan praktik langsung cara budidaya pakan alami dengan menggunakan metode rak bertingkat serta memanfaatkan limbah peternakan sebagai media kultur dan ampas tahu sebagai pakan cacing sutra tersebut.

Di akhir acara, Bapak Khairul Samsi selaku Kepala Desa Lubuk Saban menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim PKM Universitas Dharmawangsa karena telah memberikan transfer ilmu kepada masyarakatnya mengenai budidaya pakan alami cacing sutra dan analisis peluang usahanya.

Beliau menyampaikan juga dari hasil kegiatan ini akan menugaskan masyarakatnya untuk membentuk beberapa kelompok yang akan membudidayakan pakan alami cacing sutra ini,  dengan harapan ke depannya masyarakat tidak lagi mengunakan pakan buatan (pellet) karena harganya relatif lebih mahal dan akan berdampak kepada harga jual ikan air tawar yang tinggi.

Selain itu beliau berharap ke depannya Desa Lubuk Saban akan dikenal masyarakat luas sebagai sentra pembudidayaan pakan alami cacing sutra, dimana hal ini tentu saja akan menambah pendapatan dari masyarakat di desa tersebut. (NDRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed