oleh

UNIK ! SDN 1 CIKANDE SERANG BERSIH WALAU TANPA TONG SAMPAH

SUARAGARUDANEWS.COM | Serang  Banten -Budaya bersih bebas dari sampah di SDN 1 Cikande Serang ini cukup unik, pihak penyelenggara pendidikan sengaja tidak menyediakan TONG SAMPAH.

Pengertian tentang sampah dan siapa penghasil sampah di education secara baik oleh Kepala Sekolah Siti Laela S.Pd hingga menjadi budaya yang terbilang unik dan patut menjadi contoh nyata bagi semua kalangan.

Sikap moral dan tanggung jawab di tuntut secara alamiah dalam upaya menjaga kebersihan, setiap penghasil sampah bertanggung jawab atas sampah nya, dan upaya meminimalisir jumlah sampah dilakukan oleh setiap individu, zero dari sampah adalah bagian tanggung jawab sosial setiap individu ditanamkannya.

“Setiap orang baik guru maupun siswa yang menghasilkan sampah wajib bertanggung jawab secara pribadi atas sampah yang dihasilkannya, sehingga setiap individu dapat meminimalisir sampah, anak anak sudah punya budaya malu menghasilkan sampah” terang Kepsek.

SDN 1 Cikande Serang, saat ini telah menjadi salah satu Sekolah Dasar Rujukan yang berstandart Nasional, adibiyata yang menonjolkan KARAKTER BANTEN ini telah menjadi budaya yang penuh dengan nilai nilai education, moralitas dan kearifan.

Terdapat banyak zona dilingkungan sekolah ini yang seolah terbentuk secara alamiah, taman bunga dengan balutan air mancur yang asri menyegarkan, kantin kejujuran, panggung seni, serta zona zona lain yang ada dilingkungan sekolah ini membuat setiap diri merasa nyaman, sikap ramah tamah yang ditonjolkan para pendidik, disiplin serta berdidikasih.

Piagam penghargaan sebagai Finalis dalam lomba sekolah budaya tingkat Nasional pun telah diraih Siti Laela S.Pd, gerak pikirnya yang arif dalam menata dan mengelola Sekolah Dasar ini patut diapresiasi, dicontoh dan diadopsi.

Kerap kali sekolah ini dikunjungi berbagai kalangan, tatanan yang berkarakter tergambar secara apik dan rapih dapat dilihat secara nyata diarea lingkungan sekolah ini, suasana yang terbangun seperti berada di panorama alam yang asri.

Walau letak area sekolah ini berada dilingkungan yang terbilang gersang, tepatnya dipinggiran Jalan Raya Serang, namun lingkungan sekolah ini begitu asri, setiap tumbuhan juga tatanan terurus secara berkala.

“Setiap zona saya bersama para guru yang merawat, kami lakukan pembersihan/perawatan setiap hari, tanpa menggunakan petugas kebersihan kami lakukan secara berkala setiap hari” terang ramah Siti Laela.

Sekolah yang mengembangkan kebiasaan baik menjadi karakter yang membudaya ini memiliki banyak ke unikan, tidak tampak sampah berserakan, kantin kejujuran yang mengajarkan para peserta didik memiliki moralitas dan saling peka juga perduli.

“Sengaja saya tonjolkan lingkup pendidikan ini pada akar karakter, membiasakan mereka secara real berlaku jujur, tanggung jawab, perduli terhadap lingkungan dan teman, saling memberi manfaat, menasehati satu sama lain, mengingatkan satu sama lain, berkasih sayang, saling menjaga dan merawat, berjiwa sosial, ya alhamdulillah anak anak didik kami memiliki moral yang baik, santun, ramah dan hormat, anak anak saya harapkan tidak hanya pintar namun juga bermoral baik, guru tidak hanya mengajarkan namun juga memberikan contoh nyata” paparnya

Sejumlah prestasi akademis, olah raga, seni dan budaya telah diraih SDN 1 Cikande Serang, unik dan menarik dari segi kebersihan dan kerapihannya TANPA TONG SAMPAH dan TANPA PETUGAS KEBERSIHAN namun tetap terjaga.

Akar kebijaksanaan Siti Laela S.Pd dalam memimpin begitu rapih, lembut, tegas, dan penuh ramah tamah, mencontohkan pada rekan rekan guru bentuk tanggung jawab, berdedikasih, menumbuh kembangkan karakter pada setiap peserta didik, dan menanamkan budaya yang bijak.

Sempat terpergoki awak media Siti Laela S.Pd sedang melakukan pengepelan lantai teras ketika para siswa telah pulang sekolah, figur yang patut diapresiasi dan contoh dalam tata cara memimpin dan mendidik. (ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed