oleh

Wabup Nias Pimpin Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik

SUARAGARUDANEWS.COM | Nias – Pemerintah kabupaten (Pemkab)  Nias dalam menangani Tim terpadu tentang  konflik sosial  Kabupaten Nias, diharapkan memiliki kemampuan deteksi dini, tanggap dan sigap dalam merespon setiap dinamika yang  terjadi dimasyarakat sehingga segera teratasi dengan baik, demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup)  Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH dalam arahannya saat memimpin rapat Tim terpadu Kabupaten Nias, bertempat diruang tengah pendopo Kabupaten Nias, Selasa (15/10/2019).

Wabup Nias sampaikan bahwa sesuai dengan amanat UU Nomor 7  Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial, Pemerintah daerah diharapkan untuk terus membentuk Tim terpadu penanganan konflik sosial, sebagai upaya antisipasi/pencegahan dari segala kemungkinan terjadinya konflik sosial di masyarakat.

Kita berharap Tim terpadu ini memiliki kemampuan deteksi dini, tanggap dan sigap dalam merespon setiap dinamika yang terjadi dimasyarakat sehingga segera teratasi dengan baik. Jelasnya.

Ditambahkannya bahwa langkah-langkah upaya pencegahan yakni semua elemen masyarakat turut memelihara kondisi damai; membangun sistem peringatan dini dengan memelihara hubungan baik, mengintensifkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya.

Selain meredam potensi konflik dan mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai dengan memberdayakan forum-forum yang sudah ada sesuai kearifan lokal ujarnya. (Kristian Zebua/Alam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed